Senin, 27 Desember 2010

Doa Menghindari Hutang dan Kejaran Rentenir

Dari Uqbah bin Amir ra,Rasulullah SAW bersabda:janganlah kalian melakukan perbuatan yg dapat mendatangkan rasa takut kepada diri kalian.Padahal, diri kalian sebelum itu adalah orang yg aman.Para sahabat bertanya,"apakah perbuatan itu,wahai Rosulullah? Rosulullah menjawab"Utang"(HR Baihaqi).

Sayyid Alawi al-maliki menjelaskan arti hadist diatas sebagai berikut,"janganlah kalian berutang ,kecuali dalam keadaan darurat,karena sesungguhnya hutang dapat mendatangkan rasa takut dan kehinaan bagi sipenghutang.

Hadis di atas mengisyartkan, bahwa berhutang itu seperti belenggu bagi hidup kita. Tadinya kita aman-aman saja hidup dengan gaji yang pas-pasan.Pas untuk makan anak bini, pas untuk membeli sandang dan papan. Namun begitu kita berhutang, hidup menjadi punya beban berat. Ambil contoh, kita berhutang kartu kredit. Secara praktis memang enak, beli apa saja tidak repot bawa-bawa uang. Butuh apa ? tinggal gesek-beres.

Tapi giliran mencicilnya, yang terasa berat. Teman saya punya utang kartu kredit 2 juta rupiah, tapi sampai 8 tahun, itu hutang tidak lunas-lunas.  Karena setiap kali membayar cicilan, dia selalu berbelanja dengan jumlah yang lebih besar dari cicilannya. Jadinya hutangnya juga tidak habis-habis. Apalagi umumnya prilaku para pengutang, selalu membayar cicilan utang minimum. Mislanya punya hutang 2 juta maka cicilan minimumnya ya 200 ribu. Jadi hutangnya terus bunga berbunga dan pada giliriannya hutang itu akan mencekik leher kita sendiri.

Kalau menurut saya, jika tidak ada kebutuhan mendesak sekali, hindarilah hutang. Dan kalaupun anda terpaksa harus menggunakan kartu kredit, bayarlah cicilan dengan jumlah lebih besar dari belanja kita dan baca juga doa berikut ini.


Bunyi Doa
Bismillah Hirrohmanirrohim, Allahumma inni audhubika minal hammi wal hazani, wa audhubika minal ajzi wal kasali, wa audhubika minal jubni wal buhli, wa audhubika min gholabatit daini   wakohrir rijali

Artinya
Allahumma ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari kesedihan karena tekanan hidup yang serab kekurangan dan kesedihan karena penderitaan dan kemiskinan yang terus menerus (Jadikanlah aku menjadi pribadi yang tabah dan tegar menghadapi cobaan, Red). Aku belindung kepadaMu dari sifat lemah, mudah patah semangat, tidak punya nyali dan lindungi aku dari pribadi yang malas dan mudah patah arang. Aku Belindung kepadaMu dari sifat pengecut (jadikanlah aku sebagai pribadi yang berani dalam kebenaran) dan lindungi aku dari sifat bakhil dan pelit bersodakoh. Dan aku berlindung kepadaMu ya Allah dari terlilit hutang yang banyak dan dari tekanan jiwa akibat hutang-hutang itu. Amin ya robbal alamin.

INTI DARI DOA ITU,"Kita disuruh membangun jiwa yg ceria, mental yg kuat, berani, murah hati, serta terbebas dari lilitan hutang dan tekanan orang. Nabi mengajarkan, yang dibutuhkan untuk meraih hidup tenang dan bahagia adalah senantiasa bekerja keras dan tidak lupa terus berdoa.

Baca juga Formula Doa Nyai Ayu – Jurus ampuh memikat pasangan. Caranya mudah tanpa puasa tanpa laku berat, hasilnya pasti mengejutkan anda. Pesan segera hanya Rp 50 ribu dan baca di rubrik Formuladoa di halaman muka atas

Tidak ada komentar: